Sabtu, 13 Desember 2014

FILM-FILM SEJARAH ISLAM YANG PALING MENGINSPIRASI

Sahabat KIM...

Kita tahu beberapa tahun yang lalu, dunia Islam digegerkan dengan hadirnya film kontroversial yang berjudul Innocence Of Muslims (2012) yang menghina Islam dan membuat geram seluruh umat muslim di penjuru dunia termasuk Indonesia.
Namun, akhirnya setelah itu muncul film sejarah Islam yang dibuat di tahun yang sama berjudul Fetih 1453 (2012) arahan sutradara Faruk Aksoy yang menceritakan tentang perjuangan Sultan Muhammad al-Fatih yang menaklukkan Istanbul (Konstantinopel). Tapi, ternyata film Fetih 1453 bukanlah film sejarah Islam pertama karena sebelumnya sudah ada sutradara-sutradara dari kalangan muslim maupun non-muslim yang tertarik mengangkat kisah sejarah Islam dalam sebuah film. Dibawah ini film-film sejarah Islam dari dalam negeri maupun luar negeri yang menurut saya menginspirasi. Yuk kita simak bareng2...

1. Fetih 1453 (Faruk Aksoy, Turki, 2012)


 

Film “Fetih 1453“ buatan Turki yang disutradari Faruk Aksoy ini diluncurkan serentak di berbagai belahan dunia pada tanggal 16 Februari 2012. Momen diriwayatkannya hadits Rasullullah tentang penaklukan Konstantinopel dijadikan pembuka alur cerita, sekaligus mengisyaratkan bahwa keseluruhan visualisasi yang disajikan adalah bentuk adaptasi dari kisah nyata yang terjadi ratusan tahun silam. 
Saat itu, tentara kesultanan Usmani di bawah komando langsung dari sang Sultan Muhammad II mampu menaklukkan kota dengan pertahanan terbaik di dunia, yakni Konstantinopel.

Tapi, film ini sempat kontroversial lho... tidak hanya bagi penonton ‘Muslim’ tetapi juga non muslim. Ketika diputar di Yunani, film ini mendapatkan banyak reaksi keras dari masyarakatnya karena dianggap propaganda Turki, melecehkan sentimen agama yang berawal dari kekuasaan Byzantium, kekuasaan Romawi Timur. Tampaknya Yunani sudah terbiasa nyaman dengan status quonya sebagai ikon heroik bangsa berdasarkan sejarah dalam banyak film, ‘300’ contoh kecilnya.


Dan ternyata banyak respon dari sebagian penonton ‘Muslim’ yang tidak memberikan kesan positif terhadap ‘Fetih’. Dianggap hanya mengumbar adegan kekerasan sadistik, hubungan percintaan yang dikategorikan ‘zinah’, aurat perempuan dimana-mana, atau ekspektasi kita yang terlalu tinggi terhadap sosok ‘Fetih’, Sultan Muhammad II (Mehmed II) yang didasarkan pada Sirah umum yang telah dikenal.

So, kalau mau nonton film ini, maka lebih baik baca buku sejarahnya terlebih dahulu. Karena di film ini kurang menampilkan keheroikan Sultan Al Fetih.Yang mau nonton di klik saja ini : Nonton Fetih 1453 (Faruk Aksoy, Turki, 2012)

2. The Kingdom Of Solomon (Shariar Bahrani, Iran, 2010)


Aku kurang tahu boleh apa gak karakter nabi diperankan langsung dengan jelas oleh aktor film, terutama peran nabi Sulaiman. Lebih dari itu, film ini cocok juga buat yang suka sejarah Islam karena tidak adanya penyimpangan cerita dan ceritanya merujuk dari Al-Qur'an.

Yang penasaran dengan filmnya silahkan klik : 
Nonto film The Kingdom Of Solomon (Shariar Bahrani, Iran, 2010)


3. Kingdom Of Heaven (Ridley Scott, AS, 2005)


Walaupun sutradaranya bukanlah seorang muslim, tapi dalam film ini sama sekali tidak ada unsur penghinaan Islam. Kisah Perang Salib dan Pertempuran Hittin memang wajib difilmkan sebagai inspirasi dan motivasi bagi generasi selanjutnya.

Film ini bercerita tentang Perang Salib dalam sudut pandang yang sangat berbeda dari kebanyakan film Hollywood. Disini tentara muslim yang dipimpin oleh Salahuddun Al Ayubi digambarkan sebagai pihak yang sangat memegang penuh etika dalam perang, toleransi beragama dan hak asasi manusia.

Gak usah ngebayangin saja, silahkan langsung nonton filmnya disini, langsung klik :
Nonton Film Kingdom Of Heaven (Ridley Scott, AS, 2005)


4. The Message (Moustapha Akkad, Libya, 1977)


Pasti udah pada tau film ini . Film ini emang sering diputar untuk mengingatkan kembali perjuangan dakwah Rasulullah SAW. Menceritakan tentang kisah perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW dari menerima wahyu, berdakwah, hijrah ke Madinah, Perang Badar, Perang Uhud sampai merebut kembali kota Mekkah.
Film ini sangat menginspirasi sekali.

Silahkan di klik : Nonton Film The Message (Moustapha Akkad, Libya, 1977)


5. Lion Of The Desert (Moustapha Akkad, Libya, 1981)


Dibuat oleh sutradara yang sama dan beberapa pemeran yang sama dalam film The Message. Film ini menceritakan tentang kisah perjuangan jihad Syekh Omar Mukhtar melwan penjajah Italia.Film yang mengisahkan perjuangan pahlawan Libya Omar Mokhtar (diperankan oleh Anthony Quinn), melawan penjajah salibis  Italia pimpinan dikator besar Benito Mussolini (diperankan oleh Rod Steiger), di tahun 1929. Dengan kekuatan iman dan senjata seadanya, Omar Mokhtar yang terkenal dengan julukan Singa Padang Pasir (Lion of the Desert) ini berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mengusir penjajah Italia dari bumi Islam Libya.Ia sekuat tenaga melawan ambisi Mussolini dan Rudolfo Graziani (gubernur jenderal Italia di Libya, diperankan Oliver Reed), yang ingin mengembalikan kejayaan Romawi.

Klik disini filmnya : Nonton Film Lion Of The Desert (Moustapha Akkad, Libya, 1981)


6. Muhammad The Last Prophet (Richard Rich, AS, 2002)


Sama seperti The Message, menceritakan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. Film animasi 2D ini hanya diputar di beberapa bioskop di Inggris dan AS.


7. Journey To Mecca (Bruce Neibaur, AS, 2009)


Film ini mungkin menjadi film Islam pertama yang diformat dalam bentuk IMAX. Pernah diputar saat liburan Idul Fitri tahun 2009 di Theater Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah. Film ini menceritakan petualangan Ibnu Battuta menuju Mekkah.

8. Hür Adam (Mehmet Tanrısever, Turki, 2011)


Film ini merupakan kisah biografi mengenai Bediüzzaman Said Nursi, filsuf Islam asal Turki dan berdarah Kurdi.
9. Sang Pencerah (Hanung Bramantyo, Indonesia, 2010)

Sang Pencerah mengungkapkan sosok Ahmad Dahlan sebagai pendiri organisasi Islam Muhammadiyah dan sosok pembaharu Islam di Indonesia.

Nah, itulah informasi film2 sejarah Islam... semoga menginspirasi...


1 komentar:

  1. 2. The Kingdom Of Solomon (Shariar Bahrani, Iran, 2010)
    Film di atas harap kamu koreksi lagi perkataan kamu "film ini cocok juga buat yang suka sejarah Islam karena tidak adanya penyimpangan cerita dan ceritanya merujuk "
    Itu jelas film jauh dri rujukan islam terlebih lagi kamu tau siapa yg bernama salomon itu ? Salomon bukanlah nabi Sulaiman as.pelajari sejarah mu dan bicara mu.

    BalasHapus