Kamis, 05 Juni 2014

6 CARA AMPUH HILANGKAN IRI HATI



Assalamualakum Sahabat KIM...

IRI... Kita sering mendengar kata ini. Bahkan mungkin kita sendiri yang dihinggapi penyakit iri ini. Apa sih iri itu...? Iri itu bisa juga disebut SMS. What ? SMS , Short Messenger Sistem...?
Wah, bukan itu ! SMS adalah Senang Melihat orang Susah... dan Susah Melihat orang Senang...

Iri hati adalah sebuah penyakit yang akan terus menyiksa dan menggerogoti hati dan fisik kita. Orang yang iri pada orang lain akan selalu susah melihat kesuksesan orang lain dan akan senang jika orang lain susah, jatuh.
Dia akan selalu sibuk dengan memikirkan orang lain sehingga tidak sempat memikirkan kesuksesannya sendiri. Iri akan membuat kita menjadi merasa terpuruk dan tersiksa.

Jika rasa seperti itu sudah bercokol di hati kita. Segeralah sadarkan diri kita untuk membuangnya jauh - jauh. Tak ada gunanya sama sekali.

Lebih baik, cobalah 6 cara berikut ini untuk menghilangkan semua energi negatif dari diri kita dan berhenti merasa iri :

1. Jangan membandingkan

Dengan majunya teknologi dan ketika hidup orang lain terpampang di media sosial, maka rasa iri jadi lebih mudah muncul. Hal ini karena orang cenderung menampilkan kebahagiaan di muka umum, namun tidak ada yang tahu bahwa sebenarnya hidup mereka tak sesempurna itu. Jadi, berhentilah membandingkan diri dengan orang lain, karena kebahagiaan yang mereka dapat hari ini juga pasti pernah atau akan kita dapatkan suatu saat jika kita memang berusaha..

2. Keberhasilan itu penting

Rayakan pencapaian atau keberhasilan yang pernah kita raih, sekecil apa pun itu. Sebagai rasa syukur kita, bisa dirayakan dengan bersedekah dengan orang- orang terdekat kita seperti orang tua, saudara atau teman kita. Kita tidak bisa membenci orang lain hanya karena mereka lebih terkenal atau memiliki pendapatan lebih besar dari kita. Kenyataannya, hidup itu tidak mudah, tapi dengan usaha keras dan dedikasi tinggi, kita tetap bisa meraih mimpi-mimpi dan harapan kita.

3. Cintai hidup ini

Daripada iri pada orang lain, lebih baik cintai diri kita sendiri dan hargai kehidupan yang kita jalani. Jika kita tidak bahagia, maka carilah kebahagiaan itu. Jika kita merasa cemburu dengan keberhasilan orang lain, jadikan itu sebagai motivasi, bekerjalah lebih keras lagi. Untuk apa merasa iri dan mengharapkan kesusahan orang lain? Pada akhirnya, rasa iri hanya akan menggerogoti hati kita dan kebahagiaan itu pun jadi sulit diraih.

4. Berhenti ingin jadi orang lain

Jangan berharap kita menjadi orang lain, karena tidak akan bisa. Pikiran seperti ini hanya akan membuat kita merasa getir sepanjang hidup. Jadikan kesuksesan orang lain sebagai cambuk untuk mencari kesuksesan sendiri. Meski beda, kita tetap bisa merasakah bahagia yang sama

5. Sedih dan senang dialami semua orang

NO bodys perfect. Hidup itu tidak ada yang sempurna. Tidak ada orang yang selalu merasa bahagia, tanpa merasa kesedihan. Jika kita selalu melihat orang lain bahagia, bukan berarti hidup mereka sempurna. Siapa tahu, kita hanya tidak tahu masalah apa yang sebenarnya dia alami.

6. Iri datang dari rasa takut

Biasanya rasa cemburu datang dari rasa takut bahwa kita tidak akan bisa mencapai hal yang sama dengan orang lain. Adanya rasa iri justru meyakinkan diri bahwa kita sendiri tidak cukup baik, tidak cukup mampu. Coba kenali lagi, apa ketakutan kita itu. Lalu ubah cara berpikir untuk lebih positif dan percayalah pada kemampuan dirikita sendiri. Gali dan gali lagi apa yang menjadi potensi diri kta dan kembangkan, terus tingkatkan nilai diri kita menjadi profesional di bidang kita sendiri.




         Yakinlah  bahwa jika kita ikut bahagia dengan kesuksesan orang lain, maka suatu saat kitapun akan sukses. Dan jika kita ikut sedih dengan musibah orang lain, maka kita akan terhindar dari musibah yang sama.  Mencintai orang lain seperti mencintai diri kita sendiri adalah tuntunan dari Allah Rosul kita, sikap yang mulia yang akan membawa kita pada kebahagiaan dunia akhirat.
                   
                                                      ~~~~~ * * ~~~~~~


Demikianlah cara yang coba saya berikan, semoga bermanfaat.

Silahkan di share...

0 komentar:

Posting Komentar