Jumat, 19 Juni 2015

Berat Badan Naik Saat Puasa ? Salah Memahami Konsep Puasa - Ini Tipsnya !



Sahabat KIM...
Marhaban ya Ramadhan, bulan penuh berkah. Saatnya umat muslim menjalankan ibadah puasa. Percaya atau tidak, sebagian orang dibulan puasa ini selain beribadah, ada yang menggunakan moment ini untuk menurunkan berat badan. Biar langsing lah.... Tapi justru yang terjadi sebaliknya, kebanyakan malah tambah gemuk ! Mengapa begitu ya...?

Ketika berpuasa seharusnya tubuh menjadi lebih ramping dan sehat, karena waktu makan hanya menjadi dua kali dalam sehari. Pada saat puasa, lazimnya berat badan tubuh menjadi menurun karena waktu mengonsumsi makanan terbatas. Tapi bila orang salah menerapkan pola makan, maka berat badan bisa meningkat dengan tajam.

Ada beberapa alasan logis yang menyebabkan berat badan saat puasa justru semakin naik :

1. Puasa biasanya membuat orang mengurangi aktivitas fisiknya. Sebaliknya makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka tetap dalam porsi untuk orang beraktivitas alias banyak gerak. Akibatnya kalori yang tersimpan dalam tubuh menjadi timbunan lemak yang bertumpuk.

"Pada prinsipnya, orang menjadi gemuk karena makanan yang dikonsumsi lebih banyak daripada makanan yang diolah menjadi tenaga. Hal ini banyak terjadi di bulan puasa," ungkap Dr Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI-RSCM. Dr Samuel menjelaskan, biasanya orang yang berpuasa akan makan berlebihan ketika sahur karena takut lemas atau makan balas dendam saat buka.
Sedangkan di pagi dan siang harinya, aktivitas fisik yang dilakukan berkurang, banyak tidur dan jarang sekali bergerak. Alhasil, lemak di dalam tubuh yang menyebabkan berat badan tidak kemana-mana dan akhirnya meningkat meski sedang puasa karena jarang melakukan aktivitas fisik. Ditambah lagi, kebanyakan orang melakukan balas dendam pada saat berbuka.

2. Makanan saat sahur dan berbuka sering kali adalah makanan yang berat, tinggi kalori, karbohidrat, lemak.

Orang biasanya 'murka' dan makan semua makanan yang manis, kolak dengan santan, makanan berlemak dan gorengan, yang semuanya berkalori tinggi. "Kebanyakan orang justru cenderung makan makanan berlebih ketika sedang puasa daripada hari-hari normal, sedangkan aktivitas fisiknya cenderung berkurang," jelas dokter yang juga berpraktik di Semanggi Spesialist Clinic.

3. Pada malam hari setelah berbuka, sering kali dilanjutkan makan camilan dengan kalori tinggi.

Umumnya, setelah shalat tarawih, atau disaat2 melakukan ibadah tadarus banyak sekali hidangan kue dan camilan yang disuguhkan. Makanan - makanan itu pastinya akan menggoda untuk dimakan.

4. Rendah konsumsi buah dan sayuran.

Padahal seharusnya, jika konsep puasa dipahami dengan sebenar benarnya, tidaklah akan terjadi demikian. Maka penting sekali mengatur fisik dan memperbaiki niat agar tetap bugar saat puasa dan berat badan tetap stabil, cobalah tips berikut ini :

1. Makan makana bergizi seimbang dan porsi yang wajar.

Aturlah komposisi gizi makanan kita misalnya 50 % karbohidrat, 40 % protein dan 10 % lemak

2. Atur jadwal makan berimbang, saat sahur dan buka serta ngemil.

Saat awal berbuka, jangan langsung makan dalam porsi besar. Lebih baik awali dengan makanan ringan manis, shalat maghrib dahulu baru kemudian makan makanan berat. Perhatikan juga porsinya jika berlebihan dapat menyebabkan pencernaan terganggu. Boleh ngemil asalkan diperhatikan jadwal dan porsinya.

3. Hindari JUNKFOOD, makanan tinggi lemak, tinggi kalori, tinggi garam.

4. Perbanyak konsumsi makanan dengan serat tinggi dari sayur dan buah.

5. Minum air putih yang cukup.

6. Cukupi kebutuhan tidur dan istirahat agar tubuh tetap fit.

7. Pahami ajaran hikmah dibalik puasa.

Salah satu hikmah berpuasa adalah untuk beribadah salah satunya dapat merasakan penderitaan si miskin, yang sedang kekurangan makanan. Dengan berpuasa kita akan lebih bersyukur dengan keadaan kita serta akan bisa mudah untuk bersodakoh kepada yang membutuhkan. Bukannya malah berlebih lebihan dan justru bisa menjadi bumerang untuk diri kita sendiri.

Lebih jelasnya, cobalah simak penuturan ustad dalam video ini :



Demikian sedikit tulisan ini semoga bermanfaat ya...

Selamat berpuasa...

0 komentar:

Posting Komentar