Senin, 19 Januari 2015

SITI MARYAM, Perempuan paling ikhlas di dunia ( Kisah Inspirasi )

Siti Maryam, ibu dari NabiAllah Isa as. yang disebut sebagai wanita paling ikhlas di dunia karena kesabarannya menghadapi cobaan berat yang di ujikan kepadanya. Siapakah beliau sebenarnya ?


Sayyidah Maryam memiliki ayah bernama Imran , sedang ibunya bernama Hannah binti Faqqudz. 
Meski sudah lama berkeluarga, Hannah belum juga dikaruniani seorang anakpun. 

Pada suatu hari ia bermimpi melihat burung yang member makan anaknya dengan meletakkan makanan tersebut kepada seorang anak perempuan kecil. Dari mimpi itulah ia diberi seorang anak oleh allah SWT yang bernama Siti Maryam. Dan seraya ia berkata ,
’’ Ya Allah aku melahirkan anak perempuan , dan engkau lebih mengetahui tentang keadaan seoang perempuan. Akan tetapi , aku yakin bahwa Allah dalam menciptakan makhluknya mempunyai tujuan  tersendiri ".
 
       Allah menerima nadzar Hannah sehingga putrinya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang baik , dan menjadikan seorang wanita yang berparas cantik dan indah sedap di pandang mata. Maryam di jadikan allah menjadi anak yang mudah menerima orang-orang yang sholeh yang dari mereka ini dia belajar ilmu-ilmu agama dan seputar kebaikan.
Siti Maryam akhirnya dirawat dan dididik oleh pamannya, yaitu nabi Zakaria. Banyak keajaiban yang terjadi pada Siti Maryam, diantaranya dia diberikan makanan yang datangnya langsung dari surga. Buah buahan dan berbagai makanan lezat lainnya.

Setelah usia maryam memulai tumbuh dewasa, Allah memberikan suatu mu’jizat kepadanya dengan memberi seorang anak yang di anugerahi tanpa seorang suami melalui wahyu yang diterima melalui malaikat Jibril :
 ‘’Wahai Maryam, sesungguhnya allah telah memilih kamu , mensucikan kamu ,atas segala wanita didunia . Hai Maryam, taatlah kepada tuhanmu sujud dan rukulah bersama orang-orang bersujud. Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita ghaib yang kamu wahyukan kepada kamu . padahal kamu tidak hadir bersama mereka siapa diantara mereka yang akan memelihara Maryam , dan kamu tidak hadir disisi mereka‘’ ( QS ali-imran :42:44 )

        Malaikat memberikan kabar gembira kepada maryam bahwasanya allah telah mengistimewakan dan menjadikan seorang pilihan , karena banyaknya dia beribadah dan berzuhud , allah juga memuliakan dan mensucikan disbanding wanita-wanita lain di seluruh jagad ini.

      Suatu saat , malaikat datang kepada maryam bahwa kelak akan lahir dari rahimnya seorang anak yang istimewa. Amak tersebut akan lahir dengan kalimatullah  dengan nama : Al Masih Isa bin Maryam .

2.   AKHLAK MULIA SITI MARYAM 

      Siti maryam adalah sosok panutan semua muslimah karena mempertahankan karakternya tanpa cela disepanjang hidupnya . allah membesarkannya bagai tanaman yang indah, untuk memberi ekspresi al-qur’an dan memberikan tanggung jawab yang sangat penting , allah memilihnya sama dengan keluarga imran menjadikan maryam salah satu orang dalam garis keturunan orang-orang yang palimg sholeh juga salah satu contoh dukungan dan anugrah dari allah untuk dirinya adalah dia selalu menemukan makanan di altar setiap kali dia berdoa dan allah memperkenalkan kepadanya malaikat jibril yang member tahukan rahmat allah padanya dengan kata-kata sendiri.

       Maryam menunjukkan ketaatan dan kesenangannya yang sungguh-sungguh kepada allah melalui kebaikan dan tingkah lakunya yang tanpa cela. Dia juga mengekspresikan ketaatannya yang dalam dan bersungguh-sungguh kepadanya melalui tekad , pengabdian , dan kepasrahan penuh atas kehendaknya sendiri . disaat-saat yang sangat sulit adalah ujian berat baginya karena tidak ada satupun bantuan , dukungan ataupun tuntunan untuknya biasanya orang-orang yang kesepian menyerah pada ketidakberdayaan dengan kesedihan , namun tidak bagi maryam dia menyerahkan semua harapan dan keyakinan kepada allah SWT . dia terus mencari bantuannya dan tahu bahwa yang dia butuhkan hanyalah mematuhi perintahnya dan dan mengikuti petunjukknya . tidak tidak pernah menyerah kepada ketidakberdayaan dan depresi , seberapa cobaan yang sulit yang dialaminya , karena dia telah menyerahkan sepenuh hati kepada allah dengan keyakinan bahwa allah akan mengubah semua kesengsaraan menjadi kebaikan dan mengakhiri kesulitan dengan cara terbaik. Dan dengan segala kesulitan allah memberikannya solusi , mendukungnya dengan anugrah bantuan serta mengubah kesulitan menjadi kemudahan , kebaikan dan keindahan.


          Ketiadaan pengalaman juga merupakan aspek penting dalam ujian yang dihadapinya , dia hamil dan melahirkan anaknya seorang diri. Dan tidak tahu harus berbuat apa dan dia menunjukkan kekuatan , tekad dan ketabahan yang besar, selain itu dia memilih karakteristik dari mereka yang tahu bahwa allah mendukung mereka dengan anugrah yang paling sempurna sehingga allah meringankan bebannya dan membantunya menuju keberhasilan.

           Tanda lain karakter mulia maryam adalah kesabarannya yang dia tunjukkan ketika menjalani tanggung jawabnya yang begitu berat. Orang-orang kafir disekelilingnya menguji kesabarannya dengan menggagalkan pemahaman kehormatanya dan memandangnya berdasarkan pengetahuan yang menyesatkan , menuduhkan atas perbuatan yang tidak lemah dilakukannnya . dia mengetahui dengan baik bahwa allah mengendalikan segalanya dan akhirnya membuktikan bahwa dia tidak bersalah . selain itu dia tidak berminat untuk memenangkan penerimaan orang .dia memasrahkan kepada allah dengan keyakinan yang murni dan karenanya dia terpengaruh oleh tuduhan dan komentar mereka . memberinya keyakinan dan ketaatan segala usaha yang dilakukannya adalah untuk berperilaku dengan cara yang akan mendatangkan keridhaan allah swt .



3.  TELADAN YANG HARUS DICONTOH :

1.      Wanita hendaknya kita bisa menerapkan cara perilaku atau sikap Siti Maryam.

2.      Banyak inspirasi yang sangat kita teladani dan juga inspirasi bagi kaum wanita dan seluruh umat manusia dalam menghadapi cobaannya. Intinya kita harus tegar,sabar,optimis selalu.

3.      Yakinlah bahwa setiap kesulitan, kepahitan dan kesengsaraan pasti akan berbuah hasil yaitu kebaikan , kemudahan, dan keridhaan Allah swt.

4.      Jadilah kekasih Allah seperti Maryam yang sangat istimewa dari akhlak dan perilakunya.


Berikut ini ada video ulasan tentang Siti Maryam, silahkan disimak....

Semoga bermanfaat... silahkan di like dan di share ya....



0 komentar:

Posting Komentar