Rabu, 04 Maret 2015

11 HAL YANG KITA PELAJARI DARI ANAK-ANAK

Assalamualaikum Sahabat KIM...

Pernah gak sih, kita merasa jenuh, bosan hidup karena merasakan begitu beratnya berbagai cobaan dan ujian kehidupan ini ? Kadang kita berpikir kenapa ya, kita jadi remaja dan dewasa...? Rasanya ingin kembali lagi ke dunia anak2 dulu... yang isinya hanya enjoy, senang dan bahagia.

Ternyata memang benar, dunia anak itu masa2 yang sangat menakjubkan ! Banyak hal tang mestinya kita ketahui tentang mereka dan bisa kita jadikan pembelajaran berharga menjalani  kehidupan agar bisa enjoy seperti mereka. Diantaranya 11 hal ini...!

1. Bahagia, polos dan tanpa beban !


Berapa banyak dari Anda dapat menghidupkan kembali kepolosan masa kanak-kanak? Apakah Anda ingat hari-hari ketika Anda percaya Anda bisa terbang dan semua yang Anda peduli hanyalah permen Anda, es loli dan mainan kecil ? anda tak peduli sekeliling anda... just take it easy...
Ironisnya, setelah kita tumbuh tua, kita kehilangan kepolosan dan tak terbatas energi yang kita miliki sebagai anak-anak. Hidup menjadi begitu rumit dan sulit karena prasangka dan  pemikiran kita sendiri yang membatasi kita. Kita lupa betapa sederhana dan indah hidup ini.

 2. Tidak ada yang mustahil

 
Ketika bicara tentang kreativitas, anak-anak adalah mahluk terbaik dalam menciptakan kreatifitas. Mereka sangat imajoner, terinspirasi oleh hal-hal kecil kecil, dan mengeksplorasi kemungkinan tak terbatas di hampir segala hal. Silahkan lihat pada beberapa prestasi baru-baru ini anak-anak:Seorang anak dari Swedia berumur 11tahun bernama Linus Hovmoller Zou, yang tidak menyebut dirinya jenius, memecahkan salah satu teka-teki Kimia paling kompleks yang telah terpecahkan selama 8 tahun. Ayahnya yang kebetulan menjadi seorang profesor kimia terkenal melakukan beberapa upaya namun akhirnya muncul dia mencari bantuan nya. 

Prodigy Aelita Andre, 5 tahun yang dikagumi dunia dengan kelihaiannya berekspresi melalui lukisannya, pencampuran tekstur dan warna, dan konsep yang unik dan teknik dalam karya seninya.
 

Musa, anak umur 9 tahun yang hafal 29 juz Al Qur'an.

Ketika Anda melihat mereka, mereka terlihat tidak berbeda daripada anak-anak lain yang Anda temui. Contoh di atas adalah beberapa ratusan contoh seperti yang menunjukkan bahwa tidak ada kata seperti 'MUSTAHIL' dalam kamus mereka dan mereka tidak pernah membatasi cara mereka berpikir tentang potensi mereka.  


Ketika Anda mengatakan 'Ini tidak mungkin', mereka mulai mencari kemungkinan dalam hal itu. Kadang-kadang, pikiran mereka mungkin tampaknya menjadi berbeda terlalu banyak pikiran analitis Anda atau Anda mungkin menemukan mereka untuk mengamati beberapa hal dengan sedikit alasan untuk kebenaran tapi itulah cara mereka menemukan lebih banyak rute untuk solusi dan menemukan hal-hal yang fantastis.

3. Observasi

 
Pengamatan mereka kadang-kadang begitu mikroskopis yang mereka merasakan hal yang tak terlihat oleh sebagian besar dari orang dewasa. Mereka mengajarkan Anda untuk belajar untuk memvisualisasikan pemikiran Anda, memberikan pertimbangan karena hal-hal kecil kecil, mengeksplorasi hal-hal yang Anda mengabaikan atau tetap samping, dan menghubungkan diri dengan alam. Anda mungkin menemukan reaksi emosional mereka untuk hal-hal yang menjadi primitif, yang dapat dimodifikasi; Namun, Anda tidak boleh meremehkan ini. Mereka mengajarkan pengamatan itu sendiri adalah penemuan besar yang terletak di belakang setiap prestasi besar.


4. Pelajaran penting untuk kebahagiaan

 Ketekunan, spontanitas, kesederhanaan, pikiran bebas khawatir, kelincahan, dorongan, energi tak terbatas, sukacita murni, tawa asli, dan bersenang-senang - adalah beberapa pelajaran hidup yang berharga yang saya pelajari dari anak-anak saya. Kadang-kadang mereka mengingatkan saya pada beberapa kenangan yang terlupakan masa kecil saya. Ruang terbuka hati mereka jelas dan murni mempesona saya.
 

Anak-anak tidak pernah menyembunyikan perasaan sakit atau negatif bagi siapa pun; mereka melawan, berteriak, menangis tapi mengekspresikan kemarahan mereka dan dalam beberapa saat mereka bermain dan tertawa dengan orang yang sama dengan yang bersih dan cahaya hati. Pada beberapa kesempatan kita orang dewasa tersenyum dengan perasaan negatif tersembunyi di dalam hati kita. Akibatnya, kita tidak melihat apa yang sebenarnya dan tidak pernah kita memahami niat orang-orang di sekitar kita.

Anak-anak memberi kita begitu banyak pelajaran hidup yang berharga yang dapat membantu kita memanjat tangga untuk kehidupan yang sukses dan terpenuhi. Kita tidak boleh meremehkan pentingnya mereka dalam kehidupan kita sehari-hari. Mereka mengajarkan kita beberapa pelajaran hidup yang paling penting yang membuktikan berperan dalam membuat hidup kita lebih mudah dan jauh lebih menarik.

5.Tidak memendam emosi 

Anak-anak tidak pernah menyembunyikan perasaan sakit atau negatif bagi siapa pun; mereka melawan, berteriak, menangis tapi mengekspresikan kemarahan mereka dan dalam beberapa saat mereka bermain dan tertawa dengan orang yang sama dengan yang bersih dan cahaya hati. 
Sedangkan pada beberapa kesempatan kita orang dewasa tersenyum tapi diiringi dengan perasaan negatif tersembunyi di dalam hati kita. Akibatnya, kita tidak melihat apa yang sebenarnya dan tidak pernah kita memahami niat orang-orang di sekitar kita.

6. Bermimpi Besar


Coba tanyakan pada setiap anak apa yang dia bercita-citakan dan pastilah jawaban mereka akan mencengangkan Anda. Mereka bermimpi besar dan merasa positif tentang hal itu. Ini adalah sikap semua anak anak. Jika kita mennya, dibutuhkan kita di mana pun kita ingin pergi dan apa pun yang kita ingin lakukan. Bermimpi besar adalah langkah pertama untuk menjadi besar dalam hidup.

7. Rasa Ingin Tahu


Salah satu karakteristik yang paling tak terkalahkan yang mewakili kecerdasan kuat mereka. Pertanyaan tak berujung mereka didorong oleh rasa ingin tahu, yang merupakan rahasia orang-orang hebat dan kreatif. Dengan rasa ingin tahu mereka berusaha dan mengeksplorasi hal-hal yang menakjubkan yang kita sebagai orang dewasa dan pikiran rasional tidak pernah memikirkannya. 


8. Tak ada kompromi untuk hal yang disukainya


Anak-anak memberitahu Anda untuk tidak berkompromi pada hal-hal yang disenanginya, ia selalu berusaha untuk mewujudkan apapun keinginannya. Meskipun dia dibujuk dengan berbagai cara, untuk tidak melakukan hal yang diinginkannya, mereka tetap kukuh untuk menngapainya. Mereka tidak pernah berkompromi pada hal-hal favorit mereka.


9. Bergaul dengan semua orang

Dalam berteman, anak2 tidak pernah menghakimi sampulnya. Mereka bisa bergaul dan berteman dengan semua orang dengan riang dan bahagia. Sedangkan orang dewasa memiliki banyak pertimbangan termasuk gender, warna, latar belakang, ras dan agama sebelum menerima orang di lingkaran sosial dan teman kita. 

10. Menangis jika sakit  

Anak-anak tidak mengambil bahkan satu detik untuk menangis jika mereka terluka; mereka menangis untuk kadang-kadang dan kembali ke kegiatan mereka dengan hati ringan dan bebas. Ini pelajaran yang sangat berharga.

Menangis tidak akan menyakiti martabat Anda, kemarahan dan rasa sakit akan hilang melalui tetes air mata. Jangan pernah malu menangis dan mengeluarkan air mata 

 "Tuhan tahu kita tak perlu malu air mata kita, karena mereka adalah hujan pada debu menyilaukan bumi, atas kerasnya hati kita. Saya merasa lebih baik setelah menangis, lebih menyesal, lebih sadar dan bisa bersyukur dan hati jadi lebih lembut "-. Charles Dickens, Great Expectations.

11. Hidup bebas khawatir 

 Anak-anak tidak pernah membuat hidup mereka sulit dengan mengkhawatirkan tentang apa pun. Yang pasti terjadi ketika kita berurusan dengan kehidupan sehari-hari dan terlalu khawatir tentang mereka. Akibatnya, kehidupan kita menjadi serangkaian terlalu banyak kejadian serius di mana tidak ada kedamaian dan kebahagiaan, tidak ada yang tersisa untuk tersenyum, dan tidak ada waktu yang tersisa untuk mengejar hal-hal yang kreatif. 

"Jika masalah ini diperbaiki, jika situasi sedemikian rupa sehingga Anda dapat melakukan sesuatu tentang hal itu, maka tidak ada perlu khawatir. Jika tidak diperbaiki, maka tidak ada bantuan dalam mengkhawatirkan. Tidak ada manfaat dalam mengkhawatirkan apapun. "

Demikianlah hal2 yang bisa kita pelajari dari anak2...

Semoga menginspirasi....

0 komentar:

Posting Komentar